Review Viewsonic VX2270S Monitor IPS 22 inch Full HD Kaya Fitur dengan Tampilan Memukau

Selamat datang di situs sutamatamasu.com. kali ini admin akan menyajikan Review viewsonic VX2270S monitor IPS 22 inch kaya fitur dengan tampilan memukau.

viewsonic VX2270S

Viewsonic adalah produsen terkemuka asal amerika serikat yang dikenal sebagai produsen display  mengumumkan monitor terbaru viewsonic VX 2270s. Monitor ini termasuk kedalam seri VX yaitu seri yang masuk ke dalam segment hiburan dan multimedia.

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, mari kita lihat spesifikasi dari monitor ini. anda bisa melihatnya dibawah ini :

Type

21.5″ Wide Color TFT Active Matrix
IPS LED

Resolusi max

1920×1080 pixel

Contrast ratio

30,000,000:1 (DCR)

Response Time

4ms

Anti gores

Ya dengan Anti-glare

Video Input

DVI dan D-sub

Power

Adapter 120-240 V 1.0 A

Suhu

0 – 40 (° C)

Ukuran

499.5mm (lebar) x 392mm (panjang) x 179.5mm
(Diameter)

Berat

3.6 KG

 

Monitor ini memakai spesifikasi yang cukup mumpuni. Layar resolusi full HD di dukung dengan panel IPS serta respon time 4ms membuat monitor ini siap untuk kebutuhan apa saja. Untuk urusan konektor. Monitor yang saya terima  memakai versi 2270s yang memakai konektor DVI dan D-sub saja. untuk versi HDMI terdapat di versi VX2270s yang ada di luar negeri.

Namun hal itu tidak terlalu menjadi masalah besar. Secara teori konektor DVI saja sudah cukup memadai untuk tampilan monitor ini. beda dengan HDMI hanya minus speaker internal saja. bukan masalah besar kalau menurut saya.

Monitor ini memiliki fitur-fitur unggulan diantaranya :

 

super ips lcd

Teknologi super clear IPS membuat monitor ini memiliki warna yang tidak berubah walaupun anda melihatnya dari samping, atas maupun bawah tidak seperti monitor biasa yang mengalami penurunan kualitas jikalau dilihat tidak dari posisi tengah yang terkadang membuat tidak nyaman.

srgb color correction

SRGB color correction memungkinkan monitor ini menampilkan warna yang sesungguhnya mirip seperti aslinya. Sangat berguna untuk photografer yang sering terjun di kegiatan edit photo.

mega dinamic contrast

Dynamic contrast memungkinkan tampilan gambar di layar monitor menjadi lebih berwarna ini berkat di dukung dengan contrast ratio yang cukup besar yaitu 30.000.000:1

Tampilan fisik monitor viewsonic VX2270S

viewsonic VX2270S

 

Dari segi tampilan utama dari monitor ini, terlihat monitor ini memiliki tampilan yang glossy dengan di dukung warna hitam mengkilat yang membuat monitor ini terlihat mewah. Monitor ini memakai border yang tipis dan tanpa bezel membuat cocok dipakai multi monitor.

DSC_0200

Monitor ini sudah built in Anti Gores dengan fitur Anti glare yang bisa menjadi perlindung layar sekaligus meminimalisir dampak sorotan sinar matahari yang ada. membuat anda nyaman untuk berkerja di area yang terdapat banyak pancaran sinar matahari seperti di ruang tamu atau di kamar dekat jendela tanpa menggangu perkerjaan anda.

DSC_0206

Monitor ini memakai tombol capasitive touchscreen. Dengan pilihan 4 navigasi yaitu naik turun serta 1 untuk esc/membatalkan dan 2 untuk select/memilih. Tombol power sendiri berada di tengah yang agak sedikit di sayangkan, karena di awal pemakaian saya sering kali salah menekan. Seharusnya berada di ujung kanan atau kiri adalah pilihan tepat.

DSC_0204

Dibagian belakang terdapat tombol port display D-sub (aka VGA) serta DVI. Serta terdapat juga port untuk konektor daya dari adapter.

Testbed pengujian :

– Sony xperia E1 smartphone dengan kamera 3 mp
– MPC-HC dengan intel quick sync activated.  
– Laptop : intel celeron haswell 2995u, Intel HD grapich, 6 GB ram.

Test yang saya lakukan ini dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

1. Test Color preset bawaan
2. Test Viewing angles dan degradasi warna dari Super Clear IPS
3. Test Antiglare

Test Color preset bawaan

Monitor ini seperti yang saya sebutkan sebelumnya, memiliki beberapa preset warna bawaan. Berikut perbedaan dari masing-masing preset (klik untuk perbesar) :

sRGB

 

Bluish


Cool

Native

Warm

Dari menurut pandangan mata saya pribadi. Tampilan sRGB yang terbaik karena tampilan tidak terlalu silau. Namun untuk malam hari Preset native adalah yang rekomendasikan karena memiliki contrast yang rendah.

Test Viewing angles dan degradasi warna dari Super Clear IPS

Test ini adalah mentest seberapa besar penurunan warna yang di hasilkan dari monitor ini. biasanya monitor layar tipis memiliki degradasi warna apabila dilihat dari samping. Jadi harus fokus ke tengah layar.

Namun viewsonic memakai teknologi super clear IPS agar mencegah hal tersebut. apakah klaim itu adalah benar ?? Anda bisa melihat hasil testnya di bawah ini :

 DSC_0234 DSC_0233 DSC_0230 DSC_0231 DSC_0232

Secara total monitor ini seperti apa yang di klaim. Saya tidak menemukan penurunan warna dari monitor ini. untuk saat posisi kanan agak sedikit memudar dikarenakan ada cahaya dari luar ruangan. Namun seperti yang anda lihat tidak terlalu parah jikalau menurut saya.

Test Anti Glare

Monitor ini memakai fitur Anti glare yang sekaligus menjadi Antigores. Anti glare berfungsi untuk meminimalisir dampak pantulan sinar matahari yang membuat silau. Al hasil membuat tidak terlalu menggangu tampilan.

Saya menguji monitor ini dengan posisi monitor menghadap ke halaman luar langsung terkena matahari. Test ini menggambarkan monitor saat dipakai di keadaan outdoor seperti saat acara hajatan di tenda luar gedung. Berikut hasilnya :

DSC_0238

Terlihat hanya sedikit glare yang ada yang tidak terlalu menggangu. Selebihnya seperti saat biasa kita memakai monitor ini.

Kesimpulan 

viewsonic VX2270S

Monitor ini adalah monitor yang sangat direkomendasikan sekali untuk kegiatan multimedia dan entertaiment begitupun gaming. Dengan kualitas tampilan layar yang baik serta tekhnologi super clear IPS di dukung anti glare membuat monitor ini cocok untuk dipakai kegiatan outdoor seperti menonton bola bersama. Serta daya yang rendah membuat monitor ini tidak membuat bengkak tagihan listrik anda.

Kelebihan :
– Panel IPS di dukung super Clear IPS yang memiliki tampilan baik.
– Build quality cukup kokoh
– Built in antiglare
– Border tipis dan tanpa bezel

Kekurangan
– Steker yang tidak memakai standar indonesia
(2 pin/2 kaki)

– Letak tombol power yang tidak tepat.

Harga : 1.960.000 rupiah (klik disini untuk melihat harga monitor ini sekarang)

Sekian semoga bermanfaat 🙂

Tags: monitor harga 2 jutaan IPS Monitor IPS Full HD monitor IPS terbaru monitor LED multimedia monitor untuk multimedia review monitor viewsonic VX2270S

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. Beberapa Tips Berguna untuk Pengguna Monitor Layar Besar Full HD Baru - Blog Komputer dan Teknologi1 year agoReply

    […]  https://www.sutamatamasu.com/review-viewsonic-vx2270s-monitor-ips-22-inch-full-hd-kaya-fitur-dengan-… […]

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.