Sapphire dan Asus Hadirkan Kartu Grafis khusus Mining Hadir dengan VRAM Pilihan

Jakarta : 29 Juni 2017

Sapphire dan Asus diberitakan Hadirkan Kartu Grafis khusus Mining Hadir dengan VRAM Pilihan.

Mining atau kegiatan menambang mata uang bitcoin (dan sejenisnya), membuat heboh akhir-akhir ini. Walau kegiatanya sudah berlangsung cukup lama. Namun, membuat ketersediaan beberapa seri kartu grafis seperti Radeon RX 570, RX 580 atau Geforce GTX 1070 menjadi menipis dan langka dicari, ini dikarenakan ketiganya memiliki performa mining dengan hasrate tinggi namun dengan efisiensi yang baik.

Kabar baik, beberapa vendor diberitakan telah menyediakan kartu grafis khusus untuk mining. Hal ini bisa menjadi angin segar bagi gamer, karena dengan adanya kartu grafis tersendiri, membuat gamer bisa membeli kartu grafis seperti biasanya.

ASUS MINING-RX470-4G dan MINING-P106-6G

NVIDIA P106-100 hadir dengan tanpa konektor display

Dari vendor ASUS hadirkan 2 kartu grafis untuk seri mining, yang pertama hadir dengan seri Geforce MINING-P106-6G seri ini, menggunakan chip grafis berbasis NVIDIA P106-100. Dibandingkan dengan chip grafis P106-400-A1 yang ada pada GTX 1060, kartu grafis ini hadir tanpa output display. Serta improvisasi agar bisa hasilkan optimalisasi untuk kegiatan ini.

Serta ASUS juga hadirkan seri RX 470 dengan 4GB VRAM. Untuk kartu grafis ini, menggunakan chip Polaris 10 yang sama ada pada kartu grafis RX 470, perbedaan hanya pada konektor display yang hanya tersedia satu buah saja. selain itu ASUS juga mengklaim untuk seri mining lebih tahan untuk penggunaan 24/7 jam dengan lulus test IP5X.

Belum ada info mengenai harga keduanya.

Sapphire RX 470 dengan VRAM Pilihan

Sapphire hadirkan kartu grafis khusus untuk miner juga, hampir sama dengan vendor lainya. Sapphire hadirkan Radeon RX 470 dengan hanya menggunakan satu konektor display DVI saja. dikarenakan memang tidak terlalu dibutuhkan konektor display untuk kegiatan ini. Tidak ada perubahan dalam hal clock. Namun, Sapphire telah hadirkan pendingin terbaiknya (Nitro series) untuk kartu grafis ini.

Tidak hanya itu, pengguna juga diberikan kebebasan dalam memilih jenis VRAM apa yang digunakan. Karena Sapphire berikan 2 opsi yakni menggunakan VRAM dengan brand SAMSUNG dan brand diluar SAMSUNG (kemungkinan SK Hynix). Penggunaan VRAM sangat penting bagi kegiatan menambang ini, karena hadirkan potensi OC yang lebih baik, berujung kepada penambahan hasrate yang lumayan.

Kartu grafis ini dijual dengan harga $250 dan sudah dijual di situs terkemuka (Neweeg) dengan perlindungan 180 hari garansi :
https://www.newegg.com/Product/Product.aspx?Item=N82E16814202292 

https://www.newegg.com/Product/Product.aspx?Item=N82E16814202291

Sapphire RX 560 Pulse MINING Edition

Tidak hanya kartu grafis kelas menengah saja, Sapphire juga hadirkan kartu grafis untuk kelas low-end. Diperuntukan bagi user kere-hore yang ingin coba-coba atau belajar mining. Tidak ada perubahan dalam hal spesifikasi termasuk pendingin dibandingkan seri RX 560 Pulse biasa, melainkan kartu grafis ini hanya memakai satu buah display port saja.

Kartu grafis ini dijual seharga $160 : https://www.overclockers.co.uk/sapphire-radeon-rx-560-pulse-mining-edition-4096mb-gddr5-pci-express-graphics-card-gx-37z-sp.html

Selain brand diatas, kabarnya MSI juga sedang menyiapkan kartu grafis mining edition, namun beritanya masih simpang siur. Mari kita tunggu bagaimana perkembanganya 🙂

 

Sumber : Various

Tags: kartu grafis cocok buat bitcoin Kartu Grafis khusus Mining mining bitcoin

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Noval Yudha's2 months agoReply

    semoga cepat selesai ya season mining nya….

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)