Sejarah Internet Dari Amerika Serikat Sampai ke Seluruh Dunia

Apa yang anda pikirkan jika saya sebut kata “internet” ??? sebagian dari kita terutama kaum wanita langsung tertuju kepada facebook, twitter dan jejaring sosial lainya dan sebagian dari kita terutama kaum pria langsung tertuju dengan game online dan blogging.

Ya semua itu adalah bagian dari internet. Namun tahukah anda bentuk real internet tersebut seperti apa ?? internet adalah sebuah jaringan internasional yang dimana mempunyai tujuan untuk menghubungkan orang lain dengan mudah. Internet secara asli yang dipakai rata-rata orang lain adalah berbentuk seperti ini

kabel bawah laut

Ya seperti apa yang saya kemukakan sebelumnya internet menghubungkan negara satu dengan negara lainya dengan mudah. Dimana untuk menghubungkanya dibutuhkan sebuah kabel serat optik besar yang tertanam di bawah laut dan juga di darat. Walaupun anda sekarang menggunakan perangkat handphone, modem USB dsb yang tanpa kabel koneksi anda tetap akan terhubung ke kabel besar tersebut.

Yang dimana setelah data anda terkirim ke pihak ISP. Maka data anda akan di transfer ke server tujuan dengan memakai kabel tersebut. Memang dahulu ada metode Vsat yang dimana menggunakan satelit namun solusi ini dinilai terlalu mahal dibandingkan dengan tekhnologi kabel bawah laut/darat tersebut.

Tekhnologi internet yang kita gunakan ini berasal dari nenek moyangnya yang bernama ARPANET. Arpanet adalah proyek dari badan kementrian pertahanan amerika serikat di bidang R&D ARPA  (Advanced Research Project Agency) yang dimana awalnya hanya digunakan untuk menghubungkan antar kamp militer dan juga menghubungkan antara kantor satu dengan yang lain seperti yang kita bisa lihat di gambar dibawah ini :

ku-xlarge

Map diatas adalah gambar kabel darat dari ARPANET ini 1969 to 1989 yang dimana awalnya hanya menghubungkan  beberapa kota di amerika serikat. Sampai menyebar kepada kota lainya. Beberapa perusahaan macam XEROX termasuk menjadi salah satu pengguna DARPANET ini. sampai akhirnya di tahun 1984. Darpanet terpecah. Dimana sebelumnya digunakan untuk pihak militer juga. Ditahun ini pihak militer memecahkan diri untuk proyek MILNET yang dimana digunakan khusus untuk militer. Yang dimana koneksi darpanet menjadi berkurang. Namun hal inilah menjadi tonggak internet lahir

Dikarenakan koneksi darpanet sekarang bebas digunakan oleh semua orang. Darpanet terus berkembang sampai akhir tahun 1989 dimana pada saat era 90an banyak perusahaan IP/TCP terbaru yang menghubungkan untuk lebih banyak komputer yang kelak menghasilkan WordWideWeb sebutan untuk dunia maya. Dimana saat itu juga beberapa tekhnologi yang digunakan di internet muncul. Seperti DNS, EMAIL dsb muncul.  perusahaan terkenal juga mulai bermunculan semacam amazon dan ebay di tahun 1996, browser IE dan netscape (yang sekarang menjadi mozilla firefox) dan google di tahun 1998 dsb serta terdapat juga easynet yang menyediakan provider untuk DSL di tahun 2001 di UK yang menjadi semakin mudahnya orang mengakses internet. Serta bahasa pemograman standar HTML juga muncul.

 

Sampai di tahun 2002 muncul istilah web 2.0 yang memungkinkan munculnya website-website yang lebih pintar macam myspace yang digunakan untuk jejaring sosial, youtube untuk menonton video, wikipedia untuk melihat enslikopedia, MSN messenger untuk chatting dengan sesama, flickr untuk upload dan view photo dsb.

Web 2.0 memiliki prinsip yaitu “website made for you, by you” yang memungkinkan seperti yang saya lakukan sekarang ini. kita bisa dengan mudah bergabung dengan dunia maya. Dimana kita juga sekaligus menjadi bagian dari dunia maya tersebut.

Walau akhir-akhir ini banyak berita kurang menyenangkan tentang internet macam aksi spionase oleh snowden namun tidak menyulutkan banyak orang untuk memakai internet untuk kehidupan mereka. internet telah digunakan banyak orang. Mulai dari usaha, berdagang, bisnis sampai untuk bergaul dan mencari jodohpun semuanya bisa dilakukan di internet. Semoga ke depanya menjadi lebih baik.

SC5735_Block_Diagram

Artikel ini dibuat oleh saya sendiri dari berbagai macam Sumber. Harap sertakan URL artikel saya ini apabila ingin mencopas/mengutip.

Sumber : gizmodo

Tags: internet di ciptakan tahun Sejarah internet tentang arpanet

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    viyo agusti1 year agoReply

    wah infonya bermanfaat sob, mayan buat nambah llmu

    kunjungi juga website kampus saya di
    STMIK Atma Luhur

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.