Sejarah Operasi Sistem Linux Dari Proyek Iseng Sampai Menjadi OS Masa Depan

Karena kita membahas Linux. Maka kembali ke topik. Saat unix di rilis, unix adalah operasi system yang mumpuni saat itu. dimana sang pemilik menggelar project unix ke pihak ketiga seperti BSD salah satunya dengan syarat pihak ketiga tersebut membayar royalti kepada AT&T. Di tahun 1985 yang hampir berdekatan munculah sebuah project bernama GNU project yang memiliki Goal untuk membuat “complete Unix-compatible software system” untuk menjadi gratis/freeware ke seluruh dunia. Project ini sudah hampir membuat hampir sebagian komponen yang mirip dengan Unix seperti libraries, compilers, text editors, dan Unix shell namun tidak rampung sepenuhnya.

linus torvalds

Sampai tahun 1991 seorang pemuda bernama Linus Torvalds mencoba untuk membuat operasi sistem yang mirip dengan unix sebagai alternative dari unix namun dibuat dengan Gratis. Beliau menggunakan beberapa komponen dari Minnix yang merupakan OS turunan Unix. Beliau agak frustasi dengan minnix yang berharga cukup mahal dan dibatasi untuk kalangan mahasiswa.  Beliau membuat linux sebuah OS gratis yang di adaptasi dari minnix.

sejarah linux 1

Beliau memulai project ini di tahun 1991. Dimana beliau melalui email di tanggal 25 agustus 1991 beliau meminta kepada pengguna minnix untuk menjadi beta tester. Beliau mengkombinasikan beberapa komponen buatan GNU project seperti bash untuk agar mencegah pelanggaran patent dari minnix alias berusaha membuat OS linux ini menjadi gratis sepenuhnya.

Sampai akhirnya di bulan oktober 1991. Linux diluncurkan ke publik. Operasi sistem disini hanya berbentuk kernel alias secara kasarnya mentahan saja. untuk os jadi kernel tersebut diserahkan kepada pihak ketiga yang kelak kita namakan distro linux.

distro linux pertama
Salah satu distro pertama dari linux adalah Yggdrasil Linux. Dirilis tahun 8 desember 1992. Sampai sekarang hampir ratusan distro linux yang beredar. Salah satu yang terkenal adalah Ubuntu, mint, Red hat, Cloud linux dsb.

Di tahun 1992. Linux mendapatkan tekanan dari para klon BSD. BSD yang merupakan project resmi dari Unix telah berhasil dibuat versi klon yang gratis. Seperti 386BSD, Free BSD dsb yang disisi lain, turunan unix lainya  yang resmi mendapatkan sertifikat dari pihak Unix yaitu Mac Os sudah setingkat lebih maju karena memiliki rancangan hardware sendiri. di sisi lainya terdapat Windows 95 yang sebagai bukan turunan Unix yang hadir dalam persaingan operasi sistem.

Sampai lambat laun, di tahun 2000an. Hasil nyata sudah terlihat. Dimana linux dan BSD klon unggul di segment enterprise seperti server, supercomputer dan embedded system. Untuk segment consumer Mac Os unggul di segment komputer premium sedangkan windows unggul di segment komputer consumer (destkop dan laptop). Dominasi linux di segment ini kurang dari 10 % bertahan sampai saat ini.

Kebangkitan Linux di Era Abad 21

linux foundation logo

Namun linux tidak patah arang. Di tahun 2007. Linus tovald mendirikan Linux foundation. Sebuah organisasi non profit yang diciptakan untuk mengembangkan, memproteksi serta mempromosikan linux. Di dalamnya terdiri dari berbagai macam perusahaan terkemuka. Sebut saja Samsung, Intel, AMD, Qualcomm, Redhat, Oracle IBM, HP dsb sebagai sponsor dari project ini. dimana untuk sponsor dibagi menjadi beberapa macam sesuai dengan donasi nya. Untuk tertinggi yaitu Platinum Members di isi oleh Samsung, Intel, IBM, Oracle dsb.

Hasil dari project ini membuat beberapa perubahan untuk sekarang ini. beberapa diantaranya adalah :

 Linux menjadi penguasa untuk mobile.

Android_4.4.2 sejarah linux
Hal ini dimulai dengan pengembangan operasi sistem berbasis linux kernel bernama Android yang di rancang oleh Google di tahun 2008. Perlahan tapi pasti android menjadi penguasa operasi sistem mobile dunia. Walau mendapat hadangan dari IOS yang merupakan turunan dari MAC yang berbasis unix clone juga. Tetapi android tetap menjadi raja dari perangkat mobile sampai sekarang. Android juga membuat beberapa project seperti Firefox OS, Chrome OS, Tizen OS yang berbasis linux kernel pun muncul.

 

       Linux menjadi penguasa untuk server

Red hat linux. sejarah linux

Saya kurang tahu berapa porsinya namun hampir sebagian besar server memakai os Linux sebagai operasi sistem servernya. Salah satu penyebabnya adalah munculnya REHL (Red Hat Enterprise Linux) sebuah OS rancangan Red hat. REHL ini gratis/free untuk siapa saja. namun untuk biaya perbaikan dan instalasi red hat menarik bayaran. Karena REHL gratis seperti yg saya sebutkan. Membuat berbagai project berbasis REHL dibuat salah satu yang terkenal adalah CentOS. CentOS ini dipakai di hampir sebagian besar server hosting terkemuka di dunia. Situs saya Sutamatamasu.com sendiri memakai OS centos untuk operasi sistem server.

           linux berjaya di supercomputer 

Supercomputer adalah sebuah komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi dimana dalam satu system berupa rack saja, berisikan puluhan processor, puluhan GPU (graphics card/accelerator), puluhan hardisk dan ratusan keping ram. Supercomputer digunakan untuk kepentingan seperti mengolah data tentang perubahan iklim, penelitian tentang nano partikel, penelitian tentang nuklir, prediksi tentang masa depan suatu bintang dsb. Linux dipilih karena kebebasan dalam arti perusahaan bebas membuat berbagai macam fungsi dengan menggunakan linux kernel dengan biaya rendah. 95 % supercomputer memakai linux untuk operasi sistemnya.

       Menjadi operasi sistem dari wearable

Perangkat wearable adalah sebutan untuk perangkat mini canggih yang bisa dipakai di tubuh manusia. Yang paling terkenal dari perangkat ini adalah perangakt bernama smartwacth aka jam tangan pintar. Smartwacth salah satu prakarsanya di mulai oleh sony. Dengan sony live view. Android sebagai operasi system mobile. Memasuki pasar ini dimana dipakai oleh samsung galaxy smartwacth. Serta Tizen yang berbasiskan linux dipakai juga di samsung smartwacth. Diperkirakan kedepanya wearable akan menjadi trend.

Walau di segment destkop dan laptop, linux masih terganjal dengan ke adi dayaan dari windows dan MAC. Namun linux berjaya di segment lain yang menutup kekurangan linux diatas. Alasan linux kurang di minati di segment destkop dan laptop, dikarena user interface dari distro linux yang ada sangat sulit untuk di pelajari oleh pemula. Namun.. kabar baiknya dengan kehadiran android dan menyebarnya laptop layar sentuh. Linux  perlahan tapi pasti masuk ke segment consumer.

Kesimpulan dan penutup

Dengan ulang tahun ke 23 ini, saya pribadi berharap linux menjadi operasi sistem yang lebih sukses ke depanya. Dengan linux kita sekarang bisa memiliki sebuah smartphone dengan harga terjangkau, memiliki sewa hosting dengan server yang murah serta memiliki perangkat aksesoris wearable canggih dengan harga terjangkau. Terima kasih linux telah membuat masyarakat dunia menjadi bahagia. Tidak lupa juga terima kasih kepada Unix sebagai MBAH dari operasi system dunia.

Note : untuk blogger yang mau mengutip artikel, saya persilahkan. dengan catatan sertakan sumber berupa URL dari LINK dari artikel ini di blog atau website yang anda tulis. 

Sumber :

– Twitter linux foundation : https://twitter.com/linuxfoundation/status/503799441900314624/photo/1
– Wikipedia :
1. UNIX : http://en.wikipedia.org/wiki/Unix
2. Linux : http://en.wikipedia.org/wiki/Linux
3. GNU project : http://en.wikipedia.org/wiki/GNU_Project
4. Android : http://en.wikipedia.org/wiki/Android_(operating_system)
5. BSD : http://en.wikipedia.org/wiki/Berkeley_Software_Distribution
6. Free BSD : http://en.wikipedia.org/wiki/FreeBSD
7. Linux foundation
– Softpedia : http://news.softpedia.com/news/Linus-Torvalds-Started-a-Revolution-on-August-25-1991-Happy-Birthday-Linux-456212.shtml

Tags: android berasal dari Linux adalah Sejarah linux tentang linux

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.