News

Spesifikasi GPU Gaming Intel XE-HPG Dan DG2 Untuk Laptop Bocor Di Internet

Spesifikasi GPU Gaming Intel XE-HPG Dan DG2 Untuk Laptop Bocor Di Internet

Ilustrasi Laptop Gaming  

Pada saat ini terutama dimasa pandemi laptop banyak dipilih oleh masyarakat sebagai perangkat utama untuk aktivitas sehari-hari selain karena menghadirkan fungsi komputer pada umumnya, laptop juga bisa dibawa kemana-mana, tidak hanya itu bagi para gamer yang kesulitan untuk membeli vga card saat ingin membangun PC gaming saat ini beralih ke laptop dikarenakan vendor laptop sudah mendapatkan kuota GPU sehingga tidak terjadi kelangkaan vga card gaming untuk laptop. 

Kabar baiknya pengguna laptop akan mendapatkan pilihan lebih beragam untuk membeli laptop yang bertenaga karena Intel dikabarkan tengah menyiapkan GPU gaming Intel XE untuk segmen laptop dan belum lama ini terdapat bocoran tentang spesifikasi dari GPU laptop  yang akan dikeluarkan oleh Intel tersebut.

Bocoran Spesifikasi GPU Intel XE dengan codename XE-HPG Untuk Laptop Gaming (Klik Untuk Perbesar)

Terdapat dua bocoran informasi tentang GPU Intel untuk laptop, pertama datang dari GPU Intel untuk laptop gaming dengan codename XE-HPG seperti yang terlihat pada tabel di atas Xe-HPG hadir dengan 4 SKU seri tertinggi hadirkan opsi EU 512 unit, VRAM GDDR6 hingga 16GB dan memory bus 256 bit, jika dibandingkan dengan GPU laptop kelas high-end dari kompetitor seperti NVIDIA, SKU tertinggi dari Intel tersebut hadirkan TDP lebih rendah jika dibandingkan dengan RTX 3080 mencapai 150 W. 

Related Post

Sedangkan seri terendah tidak banyak info yang bisa didapatkan selain mendukung VRAM 4GB GDDR6 seri terendah ini akan memiliki pesaing Radeon RX 5500M dan Geforce GTX 1650 Ti yang biasa hadir pada laptop gaming low-end. 

Diagram Laptop Ditenagai Processor Intel Core Gen 11th “Tiger Lake” dan Vga Card Intel XE Dengan Codename “DG2”.(Klik Untuk Perbesar)

Informasi kedua datang dari GPU Intel XE khusus untuk laptop tipis Ultrabook/Intel Evo yakni XE codename DG2, GPU ini akan berhadapan dengan Geforce MX 450 serta grafis Radeon Vega yang terintegrasi di processor Ryzen Mobile. Tidak banyak informasi yang didapat selain GPU ini akan menggunakan VRAM GDDR6 yang akan membawa peningkatan performa signifikan dibandingkan GPU DG1 sebelumnya (memiliki branding Intel XE Max) yang menggunakan LPDDR4x. 

Dirumorkan Intel akan memperkenalkan kedua produk ini secara resmi saat peluncuran processor Intel Core 12thGen “Alder Lake” pada 2H 2021. 

Sumber: Igorlabs

This post was last modified on 09/05/2021 15:58

Disqus Comments Loading...