Spesifikasi GPU Intel XE-HPG Bocor Hadirkan VRAM Hingga 16GB GDDR6

Spesifikasi GPU Intel XE-HPG Bocor Hadirkan VRAM Hingga 16GB GDDR6

Prototype Intel DG-1 GPU Yang Menggunakan Basis GPU Intel XE-LP

Intel selama ini dikenal oleh masyarakat umum sebagai produsen processor dimana Intel Core sudah dikenal masyarakat dan menjadi andalan selama satu dekade lebih, walaupun sudah sukses pasar processor Intel juga merambah ke produk chipset grafis (GPU) dengan merilis Intel XE yang menjadi solusi arsitektur all-in-one GPU mendukung beragam market yang dibagi menjadi beberapa segmen. Pasar mainstream PC terdapat Intel Xe-LP hadir pada grafis intel (IGP) di processor dan vga card HTTPC, Intel XE-HPG yang hadir di vga gaming, Intel XE-HP untuk workstation serta Intel XE HPC untuk enterprise seperti accelerator card untuk cloud server dan superkomputer.

Belum lama ini informasi salah satu varian Intel XE yakni XE-HPG diperuntukan untuk vga card gaming terkuak di Internet melalui salah satu leaker terkenal, @OneRaichu menyebutkan XE-HPG akan hadirkan beberapa varian mulai dari varian low-end dengan 96 EU (768 SP) hingga 512 EU (4096 SP) semuanya telah mendukung VRAM jenis GDDR6:

-512 EU (4096 ALU) / 256bit-bus / 8 or 16G VRAM
-384 EU (3072 ALU) / 192bit-bus / 6 or 12G VRAM
-256 EU (2048 ALU) / 128bit-bus / 4 or 8G VRAM
-192 EU (1536 ALU) / 128bit-bus / 4G VRAM
-128 EU (1024 ALU) / 64bit-bus / 4G VRAM
-96 EU (768 ALU) / 64bit-bus / 4G VRAM

Sedikit penjelasan execution units (EU) adalah “Core” atau otak inti dari GPU Intel XE mirip dengan CUDA Core (Nvidia) dan Shader Processor (AMD), menariknya versi terendah hadirkan jumlah EU sama dengan Intel XE-LP ada kemungkinan versi XE-HPG lebih kencang mengingat telah menggunakan VRAM lebih kencang GDDR6 dari LPDDR4 yang ada pada XE-LP.

Varian tertinggi dari Intel XE-HPG hadirkan 512 EU, pilihan VRAM 8 dan 16GB GDDR6, dan memory bus 256 bit. Walaupun belum ada informasi tentang bocoran performa namun jika dilihat dari kapasitas VRAM kemungkinan besar varian tertinggi akan bersaing langsung dengan Geforce RTX 3080 dan Radeon RX 6800 XT, tidak hanya itu beredar juga rumor dari Videocardz menyebutkan Intel menyiapkan varian GPU XE-HPG lainnya menggunakan spesifikasi lebih tinggi 960 EU (7680 ALU) kemungkinan akan masuk ke ranah kelas antusias.

Walaupun tidak sertakan informasi fabrikasi apa yang dipakai, namun Intel telah menyebutkan pada rilis Intel XE sebelumnya dimana untuk GPU berbasis XE-HPG akan dibuat oleh perusahaan pihak ketiga jadi tidak menggunakan fabrikasi 10nm SuperFin layaknya produk XE-LP, kemungkinan besar TSMC (7nm) atau Samsung (7nm/8nm) yang akan mengambil alih produksi. Vga card Intel XE-HPG direncanakan akan dirilis pada kuartal kedua 2021.

 

Tags: GPU Intel XE-HPG Intel XE-HPG Vga Intel 16GB

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.