Tak Wajib Ada Intel UHD, Adobe Premiere Pro Kini Dukung Nvidia NVENC dan AMD VCE/VCN

Tak Wajib Ada Intel UHD, Adobe Premiere Pro Kini Dukung Nvidia NVENC dan AMD VCE

Gambar 1: Proses step by step export Adobe Premiere (sumber Frame.IO)

Sebelum kita membahas lebih jauh, berikut akan saya kutip pertanyaan beserta jawaban umum yang sering ditemui di grup PC hardware: 

User A : Buat keperluan editing dengan Adobe Premiere, lebih rekomen processor Intel Core i3 8100 (dengan IGP Intel UHD) atau Intel Core i3 9100F (tanpa IGP Intel UHD)? rencana sih bulan depan pengen beli GTX 1050.

User B: Pakai Intel Core i3 8100 aja gan, soalnya  IGP ada fitur Intel QuickSync bantu percepat proses eksport nya. 

Apa yang dijawab oleh User B ini memanglah benar, walaupun proses render telah dilakukan oleh mercury engine yang telah dipercepat melalui akselerasi grafis vga card via Nvidia CUDA namun saat melakukan export video terdapat step tambahan lainnya yakni kompresi yang Adobe Premiere Pro hanya didukung oleh IGP Intel UHD/IRIS Pro yang bisa mempercepat fitur kompresi video tersebut dengan via akselerasi grafis Intel Quick Sync, tidak pakai Intel UHD? proses kompresi akan dilakukan via CPU. 

Adobe Premiere Pro Kini Telah Mendukung Fitur Nvidia NVENC dan AMD VCE/VCN 

Kabar baik Adobe telah merilis Premiere Pro version 14.2 yang termasuk jajaran Adobe CC 2020 yang telah ditambahkan dukungan fitur hardware encoding untuk vga card Nvidia Geforce via Nvidia NVENC dan AMD Radeon via AMD VCE/VCN, sehingga bagi pemilik PC dengan processor tanpa IGP sebut saja AMD Ryzen atau Intel Core dengan prefix F bisa memanfaatkan performa encoding kencang.  

Gambar 2: Nvidia NVENC merupakan hardware khusus video encoding yang bekerja mandiri diluar CUDA Core menemani NVDEC untuk decoding. 

 

Gambar 3: Tampilan GPU “Navi 10” di Radeon RX 5700 XT menampilkan komponen dedikasi “Multimedia Engine” berisikan unit VCN percepat video encoding dan decoding (Vga era Polaris hadir terpisah VCE untuk Encoding dan UVD untuk Decoding)   

Seperti yang anda bisa lihat pada diagram di atas masing-masing vendor memiliki nama sendiri namun dengan standar sama komponen ini hadir terpisah dari “otak inti” GPU ini dikarenakan agar membuat proses encoding bisa lebih cepat dan efisien. 

Cara Pakai dan Perbedaan Performa

Gambar 4: Pastikan Adobe Premiere Anda Sudah Terupdate (14.2) dan Mengikuti Step Di Gambar Berikut (Klik Untuk Perbesar)

Pastikan anda memiliki vga card AMD Radeon (klik DISINI) dan Nvidia Geforce (klik DISINI) yang telah mendukung fitur hardware encoding Nvidia NVENC atau AMD VCE/VCN, setelah itu pastikan Adobe Premiere Pro sudah terupdate ke versi 14.2 , setelah itu anda ubah settingan Adobe Premiere Pro yang anda gunakan mengikuti pada gambar 4 di atas. 

Gambar 5 : Komparasi CPU (Software) vs Nvidia NVENC vs Intel QuickSync Sumber: Pugetsystem  

Sayangnya admin belum bisa menguji untuk saat ini namun sudah banyak bertebaran di internet yang membandingkan, hasilnya bisa dilihat pada gambar 5 penggunaan Nvidia NVENC untuk process encoding mempercepat proses eksport video lebih baik dibandingkan Intel QuickSync maupun CPU only. 

Tanya & Jawab

Q: Pada saat menggunakan Intel HD + Vga Card Nvidia Geforce, Quick Sync atau NVENC yang dipakai? 

A: Berdasarkan keterangan Adobe sayangnya hanya salah satu yang dipakai, software akan membaca yang dipakai untuk display misal PC desktop mode IGP dan Geforce berdua aktif konektor display dicolok di motherboard akan gunakan Intel UHD (QuickSync) dan apabila dicolok ke vga card akan menggunakan Geforce (NVENC). 

Sumber: Adobe Help, PugetSystem, Frame.IO , itsolution

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat. 

Apabila ada yang ingin mengutip artikel harap sertakan sumber. 

 

Tags: Adobe Premiere Geforce Adobe Premiere Radeon AMD VCE AMD VCN Nvidia NVENC

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.