Arti Dari Power Supply 80+ Serta Manfaat Ke Komputer

Jakarta : 26 Januari 2015

Power Supply adalah komponen yang penting yang ada pada PC,dimana sekarang banyak Power Supply dengan label 80+ yang bertebaran. Berikut saya akan menjelaskan tentang Tentang Arti dan Manfaat dari Efisiensi 80+ yang Ada dalam Power Supply PC.

power supply standart

 

Power Supply adalah sebagaimana kita ketahui adalah komponen vital dalam PC. Sering kali kita menemui sebuah tulisan seperti Power Supply Brand A 500w 80+ Bronze, 500w 80+ Silver dsb. Beberapa dari anda, mungkin bertanya apa itu arti 80+ tersebut serta apa maksud dari pewarnaan silver, bronze, gold dsb.

Maksud dari 80+ adalah efisiensi dari Power Supply tersebut. Power Supply bekerja layaknya converter yaitu merubah arus listrik besar AC yang ada pada PLN, menjadi arus listrik kecil DC yang digunakan pada PC kita. Pada saat proses tersebut beberapa watt dari PSU “terbuang sia-sia” karena diubah menjadi panas. contoh PSU 500w standar dengan efisiensi 60% dengan spesifikasi PC memakan daya sekitar 200w. PSU akan menyedot daya 500w dimana sebanyak 200w terbuang menjadi panas. nah untuk PSU 500w dengan 80+ (80% efisiensi) hanya menyedot 360w dengan 160w yang terbuang menjadi panas. ini berdampak kepada panas yang lebih rendah serta penggunaan listrik lebih hemat.

Untuk hal tersebut dibuatlah standar 80+. Standart ini  dikelola oleh organisasi bernama Ecos Consulting bertujuan agar membuat Power Supply bisa memberikan apa yang dimaksud efisiensi dengan tujuan final untuk bisa menghadirkan supply daya mendekati 100% dari yang dijanjikan.

Saat ini efisiensi 80+ dibagi menjadi beberapa level. Yaitu Bronze, Silver, Gold, Platinum, Titanium.

perbedaan 80+ power supply bronze gold silver platinum

Anda bisa lihat di atas, semakin tinggi kelasnya. Maka akan semakin besar daya hasil yang di convert yang mendekati 100%. Untuk Bronze biasa digunakan di Power Supply kelas Low-end sedangkan untuk Silver untuk kelas mid-range. Sedangkan Gold untuk high-end. Platinum dan Titanium untuk kelas antusias.

Sering “Di Akali” Untuk Keperluan Iklan PSU

Sayangnya berdasarkan temuan beberapa media luar negeri, kerap kali beberapa vendor “Mengakali” komponen power supply mereka agar bisa lolos tes 80+ setinggi-tingginya, sehingga sering ditemui PSU dengan 80+ Gold (yang biasanya dijual berharga murah) saat dibongkar hanya menggunakan komponen setara PSU low-end kelas bronze seperti penggunaan kapasitor Taiwan bukan Jepang seperti umumnya ada di PSU 80+ dari produsen ternama. 

HardOCP salah satu situs review luar negeri ternama bahkan pernah menjumpai salah satu vendor PSU yang “menukar” komponen board yang di iklankan dengan 80+ Gold dengan board yang harusnya dipakai pada PSU dengan efisiensi 80+ bronze yang dipakai low-end. 
https://m.hardocp.com/article/2011/10/04/80_plus_irrelevant_to_you_when_buying_psu/ 

Sehingga saya menyarankan untuk jangan utamakan efisiensi 80+ sebagai faktor utama saat membeli power supply, tuju kepada hal berikut agar dapat power supply yang baik : 

  1. Pastikan memiliki reputasi yang baik dikalangan pengguna PC. 
  2. Memiliki aftersales yang jelas dan menerima RMA (Ganti unit). 
  3. (Optional) sudah direview oleh situs ternama seperti JhonnyGuru dengan cara dibongkar dan diuji load testing 

Q&A (Tanya Jawab Singkat)

Dimana saya bisa tahu, Power Supply yang saya beli ada sertifikat 80+ atau tidak ??

Anda bisa tertuju ke situs Power Supply ybs untuk hal tersebut. Untuk bukti nyatanya lagi. anda bisa menuju ke situs dibawah ini yang official menyediakan beragam list sertifikat vendor :

http://www.plugloadsolutions.com/80PlusPowerSupplies.aspx

Untuk Power Supply low-end kadang ada yang menyertakan tulisan 80+ namun kok tidak ada di database ??

Kemungkinan ini dikarenakan masalah biaya. Untuk test membutuhkan biaya tidak sedikit yang tidak bisa dicover dari modal pembuatan Power Supply low-end, walau menurut test produsen umumnya, power supply ini sebenarnya memenuhi 80+ sebagai contoh PSU seperti ini adalah FSP Hexa+. Ini tidak berlaku untuk Power Supply bawaan casing ya

 

Referensi : HardOCP, Tweaktown, Official 80 plus (Plug And Solution)

Tags: apakah butuh stabilizer untuk PC arti 80+ Bronze arti 80+ gold arti 80+ Silver cara atasi listrik naik turun untuk PC komputer Efisiensi 80+ PSU tips memilih power supply pc komputer

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.