Tentang Arti dan Manfaat dari Efisiensi 80+ yang Ada dalam Power Supply PC

Q&A (Tanya Jawab Singkat)

Kapan saya harus wajib memakai Bronze, Silver, Gold dsb ??

Untuk pemakaian harian dengan spesifikasi low-end (Memakai processor Dual/Quad Core standart seperti Core i3/i5 or AMD APU dengan Vga Low-Mid end seperti R9 270/GT 750 ti) Power Supply Bronze sudah mencukupi untuk hal tersebut.   

Sedangkan untuk pemakaian spesifikasi High-end (Memakai processor Quad/Hexa/Octa Core High-end seperti Core i7/i7 E or AMD FX 8000/9000 plus Vga High-end seperti R9 290x/GTX 780) disarankan memakai Power Supply kelas Silver atau Gold. Memang harga yang ada lebih besar namun efisiensi lebih baik, plus kualitas yang ada lebih terjamin.

Sedang untuk kelas Custom Server/Custom Server Database/Custom Workstation, disarankan memakai Power Supply kelas Titanium/Platinum demi menjaga durabilitas dan keamanan komponen yang ada dengan baik.

Dimana saya bisa tahu, Power Supply yang saya beli ada sertifikat 80+ atau tidak ??

Anda bisa tertuju ke situs Power Supply ybs untuk hal tersebut. Untuk bukti nyatanya lagi. anda bisa menuju ke situs dibawah ini yang official menyediakan beragam list sertifikat vendor :

http://www.plugloadsolutions.com/80PlusPowerSupplies.aspx

(Note : Indonesia berada di kategori 230v, namun karena tempat test berada di luar negeri yang biasanya memiliki standart

voltase 130v maka lebih banyak list. oleh karena itu, anda bisa memakai list 130v sebagai referensi)

Untuk Power Supply low-end kadang ada yang menyertakan tulisan 80+ namun kok tidak ada di database ??

Kemungkinan ini dikarenakan masalah biaya. Untuk test membutuhkan biaya tidak sedikit yang tidak bisa dicover dari dana Power Supply low-end. Walau menurut test mereka, Power supply ini sebenarnya memenuhi 80+. Ini tidak berlaku untuk Power Supply bawaan casing ya

Apakah penggunaan Caps/Kapasitor dari China/Taiwan buruk, Apakah wajib harus pakai Caps Jepang ??? 

untuk masalah Caps, memang semua orang setuju. Caps asal Jepang lebih baik dalam hal durability serta daya tahan terhadap suhu tinggi. namun, bukan berarti Caps asal China/Taiwan buruk. di modern ini, Caps asal China/Taiwan sudah cukup bersaing dalam hal teknologi kapasitor. beberapa malah sudah mampu membuat solid kapasitor. ditambah untuk Power Supply rata-rata Caps asal Taiwan/China cukup baik dibandingkan dengan yang ada di motherboard. kasusnya seperti Teapo. di Motherboard dulu mendapatkan judge buruk seperti mudah melendung. namun unuk Power Supply jarang sekali kasus. itulah kenapa vendor FSP, CWT (OEM Corsair,Xigmatex, Enermax Low-end dsb) Delta dsb memakai Caps China/Taiwan untuk PSU Low-end dikarenakan untuk pengurangan modal pembuatan Power Supply. 

PC saya tanpa memakai VGA Card (internal saja) dengan Processor hemat daya. apakah butuh memakai PSU pihak ketiga 80+ sedang PSU bawaan casing sudah cukup ??

Power Supply bawaan casing hanya di disain untuk agar komputer menyala saja sebenarnya. memang untuk supply daya, Power Supply bawaan casing bisa untuk PC hemat daya. namun, Power Supply bawaan casing tidak di bundling dengan perlindungan standart seperti OVP, OCP, EuP, SCP, OPP, RoHS dsb yang melindungi Hardware anda dari beberapa masalah seperti Overvoltage protection, down voltage protection, Overheat Protection, Low Idle power dsb. untuk kasus realnya, saya sudah sering kali menjumpai banyak kantor yang baru ada setahun saja, Hardisk yang ada sudah rusak padahal pemakaian standart. setelah di telaah, Listrik di kantor tersebut kurang stabil dengan beberapa kasus mati lampu mendadak.  ternyata memakai PSU bawaan casing yang tidak di lindungi proteksi membuat kerusakan ke komponen lain, karena tidak mendapatkan supply daya yang baik., 

Apakah butuh stabilizer untuk perlindungan saat listrik PLN tidak stabil ??

Tidak perlu, bahasa mudahnya, Power Supply pihak ketiga terutama 80+ sudah ada “Stabilizer” sendiri. bahasa panjangnya, Power Supply sudah ada beberapa komponen seperti Kapasitor yang besar serta filtering yang berfungsi untuk “menyaring” agar daya yang di transfer ke komponen PC bersih. untuk penjelasanya anda bisa lihat contoh review berikut :

http://forum.chip.co.id/forum/hardware/power-supply-cooling-device/seasonic-psu/155870-seasonic-ss-500es-review

berikut kutipan dari sang reviewer 

“Salah satu komponen penting pada bagian AC adalah Capasitor Primer. Capasitor primer biasanya berukuran besar dan berfungsi sebagai penampung daya bila terjadi penurunan power secara mendadak, selain itu juga berperan sangat penting untuk menyuplai kekurangan daya sesaat ketika terjadinya tarikan arus besar. Seasonic SS-500ES menggunakan Primary Capasitor made in japan ( Nipon-Chemicon SMQ dengan ukuran 400V 330uF)”

Sekian info dri saya pribadi, semoga bermanfaat.

Referensi : HardOCP, Tweaktown, Official 80 plus (Plug And Solution)

Tags: apakah butuh stabilizer untuk PC arti 80+ Bronze arti 80+ gold arti 80+ Silver cara atasi listrik naik turun untuk PC komputer Efisiensi 80+ PSU tips memilih power supply pc komputer

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.