Tentang Pengertian dan Jenis Laptop serta Salah Persepsi Perbedaan Laptop dengan Notebook

Jakarta : 20 April 2015

Laptop adalah salah satu benda yang paling kita gunakan sehari-hari. Kali ini, mimin akan membahas tentang Tentang Pengertian dan Jenis Laptop serta Salah Persepsi Perbedaan Laptop dengan Notebook yang terjadi di masyarakat.

 

Laptop mungkin menjadi salah satu benda yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Walaupun kehadiran Tablet PC membuat beberapa fungsi Laptop seperti hiburan di alihkan ke Tablet PC, namun untuk perkerjaan. Laptop tidak tergantikan.

Kali ini saya akan membahas 3 point tentang info Laptop yang perlu anda ketahui. 3 point tersebut adalah :

1. Pengertian Laptop

2. Jenis Laptop yang umum ada di masyrakat

3. Salah Persepsi Perbedaan Laptop dengan Notebook

Pengertian Laptop

Laptop-cooling-pad

Laptop menurut bahasa adalah komputer jinjing. Sedangkan menurut istilah adalah sebuah komputer jinjing yang bisa dipakai untuk berpergian dan bisa dipakai di pangkuan saat duduk.

 

Kata Laptop sendiri berasal dari kata “Lap” dalam bahasa inggris yakni pangkuan. Yang dimaksud pangkuan disini adalah laptop bisa dipakai di pangkuan sekitar paha saat sedang duduk dan top yang berarti menandakan posisi laptop ini berada di pangkuan dan menghadap ke atas maksudnya ke pengguna.

Berikut pengertian menurut :

  • KBBI : laptop/lap·top/n komputer pribadi yg agak kecil, yg dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yg mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dng baterai yg dapat diisi ulang
  • Oxford Advance Learrner dictionary : a small computer that can work with a battery and be easily carried

Jenis Laptop yang umum ada pada masyrakat

Berikut adalah jenis Laptop yang ada pada masyrakat

Berikut diantaranya :

HP-Beats-15-017AU-a Perbedaan Laptop dengan Notebook

 

HP Beats Edition 15-P017AU

 

1. Notebook : Notebook adalah sebutan untuk Laptop untuk kalangan pengguna umum. Dengan range layar berada di ukuran mulai dari 14-19 inch. Dengan memiliki spesifikasi yang umum ada pada sebuah Laptop. Diantaranya memakai Processor seri Mobile/ULV (Hemat Daya), Ram jenis DDRL (Lowvoltage), support vga add-ons dari AMD Radeon dan Nvidia Geforce dsb.

Toshiba Sattelite L40D salah satu jenis Notebook dengan AMD APU

Notebook juga memiliki DVD Player terpisah, Battery yang beragam versi. Notebook juga dirancang untuk bisa di bawa kemana-mana dengan mudah. rata-rata berat Notebook adalah sekitar 2 KG. dahulu, Notebook bisa mencapai 4 KG. namun alhamdulillah seiring perkembangan. berat Notebook serta ketipisanya pun bisa di tekan.

Untuk melihat contoh Review Notebook Toshiba diatas anda bisa tuju kelink berikut :

https://www.sutamatamasu.com/review-toshiba-satellite-l40d-as101b-notebook-kokoh-dengan-kinerja-mumpuni-untuk-office-dan-multimedia/2/

2. Netbook : Netbook adalah sebutan untuk Laptop mini yang di komersialisasikan oleh Intel.

Axioo_Pico_CJM_623XU_Black_1-500x500 Perbedaan Laptop dengan Notebook

Axioo Pico DJM salah satu Netbook terkenal di masa ke emasanya

Netbook digunakan untuk kebutuhan ringan seperti Office dan Browsing. Harga murah dan mini adalah keutamaan dari Netbook ini. ciri-ciri Netbook diantaranya adalah memakai Processor Intel Atom/AMD Brazos series dengan vga terintegrasi. Processor jenis ini, memakai desain yang berbeda dengan yang ada di Notebook (Core i Series/Pentium/Celeron or AMD APU series) dimana sudah di cut segala macam. Sehingga hanya untuk perkerjaan ringan saja.

Minus dvd player, build quality seadanya dan hardisk dan ram berukuran kecil. Layar berada di range 10-12 inch namun, Serta kualitas layar yang seadanya.

LENOVO-IdeaPad-E-10-125-a Pengertian dan Jenis Laptop serta Salah Persepsi Perbedaan Laptop dengan Notebook

Lenovo ideapad E10 salah satu jenis Notebook 10 inch dengan kualitas setara Ideapad 14 inch keatas 

Namun, kini nama “Netbook sudah resmi secara perlahan di hapus. Intel dan AMD berkerjasama dengan produsen. Sepakat menghapus nama ini karena idientik dengan kinerja lemah dan laptop murahan. Sebagai gantinya, mereka menghadirkan Notebook dengan ukuran layar yang sama (10-12 inch). Processor memakai teknologi yang sama, yang ada di notebook. seperti AMD APU/Intel Pentium/Celeron. Build quality di tingkatkan serta memakai kapasitas hardisk dan memory yang di perbesar. Rata-rata menopang HDD 500 GB dan 2 GB Ram yang sama dengan Notebook.

3. Macbook : Macbook adalah Laptop yang di disain dari Apple. Kelebihan dari Laptop ini adalah Ultratipis, memakai spesifikasi yang terpilih seperti memakai Processor bertenaga, storage yang cepat, layar resolusi tinggi, serta kualitas multimedia yang baik.

Macbook Air 2015 laptop apple 2015 performa lebih baik 2

 

Macbook air 2015 edition

OS yang dipakai adalah memakai MAC OS X rancangan Apple sendiri. rata-rata dipilih oleh perkerja studio/multimedia yang butuh Laptop handal. Untuk lihat salah satu contoh bisa tuju ke sini.

4. Ultrabook : untuk jenis ini diciptakan khusus untuk segment perkerja kantoran atau perkerja multimedia yang merupakan jawaban dari Intel dan Microsoft dan produsen laptop lainya atas Macbook.

asus ultrabook zenbook Perbedaan Laptop dengan Notebook ultrabook

Asus Zenbook adalah salah satu Ultrabook unggulan dari Asus dengan Intel Core i Series Processor

Ultrabook memiliki keunggulan yang hampir sama dengan Macbook. Layar resolusi tinggi, spesifikasi diciptakan khusus untuk profesional yang butuh laptop cepat, durability baik dsb. Untuk ketipisan. Intel mewajibkan wajib lebih tipis dari 1 inch untuk Ultrabook. Ultrabook adalah brand dari Intel.Brand lain juga kadang menamai sendiri. seperti Zenbook dari Asus.

 

Untuk AMD, memiliki laptop tipis premium juga yang disebut sebagai Ultrathin. untuk AMD memakai processor berbasis AMD APU yang bertenaga yang di dukung dengan komponen dan material premium. Saya sudah pernah mereview Laptop berbasis Ultrathin. anda bisa check disini untuk info. 

https://www.sutamatamasu.com/review-acer-aspire-v5-522g-laptop-amd-ultrathin-mumpuni-untuk-gaming-dan-multimedia/

5. 2 in 1 Laptop : ini adalah jenis baru dari Laptop yang ada saat ini. Laptop ini sebenarnya adalah sebuah Tablet PC yang ditambahkan sebuah komponen keyboard external.

acer 2 in 1 laptop

Acer One 10 adalah salah satu jenis 2 in1 laptop

Saat terhubung dengan Laptop itu, jadilah sebuah Laptop. Sederhana bukan ?? Laptop ini hadir sebagai jawaban atas penggunaan masyarakat yang menggunakan 2 buah perangkat yakni Tablet PC untuk bermain hiburan dan Laptop untuk kerja. Kenapa tidak keduanya gabung satu ??

banyak vendor yang sedang mengembangkan laptop jenis ini. Intel dan AMD turun gunung membuat Processor hemat daya untuk kelas ini. Intel meluncurkan Intel Core M yang khusus untuk Tablet jenis ini. 

https://www.sutamatamasu.com/computex-2014-intel-meluncurkan-intel-core-m-sebuah-processor-terbaru-berbasis-broadwell-untuk-tablet-terbaru-hemat-daya-tanpa-pendingin-tambahan/

Sedangkan AMD akan menyiapkan Carrizo L untuk jenis ini.

https://www.sutamatamasu.com/amd-secara-resmi-meluncurkan-processor-amd-apu-terbaru-2015-carrizo-dan-carizzo-l-untuk-laptop/

Beberapa produsen sudah terkenal dengan jenis Laptop ini. diantaranya adalah Asus Transformer, Lenovo Yoga, Advan Vanbook series dsb. Laptop ini insya Allah akan semakin populer ke depan. Apalagi diperkirakan akan banyak vendor yang menyiapkan opsi Dual boot Android OS dan Windows. Akan mempermudah pengguna dan kaya kontent. Kita tunggu saja.

6. Laptop Gaming : Semua Laptop bisa bermain game, walaupun itu hanya bermain game point blank.

xenom laptop gaming

Laptop Xenom saat bermain game dilengkapi dengan LED Keyboard

Namun, Laptop ini tidak hanya hadir untuk bisa main game itu saja. Namun juga menghadirkan pengalaman gaming yang handal. Fitur seperti keyboard mekanik, Macro, pendingin mumpuni, layar resolusi tinggi dsb menjadi keunggulan yang ditunjang dengan spesifikasi gahar. Sasaran para gamer dan profesional design. Brand seperti Asus dengan ROG nya, Dell dengan Alienware serta brand lokal Xenom adalah brand yang hadir di ranah ini.

Salah Persepsi Perbedaan Laptop dengan Notebook

Seperti yang saya sebutkan diatas, Laptop ini merujuk ke nama benda itu. Jadi, anda disarankan menyebut benda ini dalam keseharian dengan sebutan Laptop. Gunakan kata Notebook, Ultrabook, Macbook dsb hanya untuk keadaan teknis yang berhubungan dengan prodak tersebut. Contoh saat memberikan review prodak/brand dari Laptop tersebut, saat konsultasi kerusakan, saat ingin membeli sebuah Laptop dsb.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda. terima kasih 🙂

Sumber : KBBIOnline, OxforddictionariesOnline,Wikipedia, images from google .

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Muhammad Zaki4 months agoReply

    very good

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)