Tingkatkan Kualitas Audio PC Desktop dan Laptop Low-end dengan Driver Realtek Mod

Tingkatkan Kualitas Audio PC Desktop dan Laptop Low-end dengan Driver Realtek Mod

Pada saat kondisi pandemi ini biasanya pengguna PC desktop maupun laptop bekerja dari rumah sembari menyetel musik sebagai hiburan, pastinya ingin merasakan kualitas audio yang berkualitas. Sayangnya mayoritas pengguna PC tidak bisa merasakan hal ini karena baik dari operasi sistem Windows maupun hardware yakni chip sound onboard tidak memberikan optimalisasi khusus untuk itu pada kali ini admin akan memberikan info peningkatan Kualitas Audio PC Desktop dan Laptop Low-end dengan Driver Realtek Mod.

Download Driver Mod

Realtek Audio Console Motherboard MSI

Cara yang saya gunakan adalah menggunakan driver mod yang sudah dibuat oleh developer Alan Finotty, kabar baiknya driver ini sudah jadi dan berisikan setidaknya 4 audio suite tambahan untuk tingkatkan pengalaman audio anda, tidak hanya itu cara instalasi mudah kurang lebih seperti install driver biasa aja…

Sebelum kita lanjutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

1. Realtek Saja: Driver mod ini hanya untuk PC desktop maupun laptop yang menggunakan chip sound Realtek saja, anda bisa cari info apakah anda menggunakan Realtek apa tidak dengan buka ke situs website laptop atau motherboard (PC desktop) yang dipakai, atau melalui klik kanan pada menu icon di taskbar dan pilih sound setting, apabila terlihat tulisan ” Realtek sound speaker xxx” anda menggunakan chip sound Realtek.

2. Hanya untuk chip sound onboard: Bagi anda pengguna sound card external tidak disarankan menggunakan driver ini baik berupa PCIe sound card maupun USB Sound card.

3. Lebih Cocok PC Desktop/Laptop low-end: Bukan berarti PC desktop/laptop tidak bisa, melainkan karena  biasanya PC desktop/laptop high-end sudah dilengkapi software suite dari bawaan vendor yang sudah ada di dalam paket CD Driver bawaan, jadi ini hanya untuk yang mendapatkan driver audio “polos” saja berisikan Realtek Audio Console.

Apabila sudah memenuhi persyaratan di atas kita lanjutkan ke bagian download dan instalasi, untuk tautan download ada dibawah ini:

Proses Instalasi Driver Mod

Gambar 1: Hapus driver yang ada saat ini

Sekarang lanjut ke proses instalasi langkah pertama adalah menghapus driver caranya buka setting >> apps pada jendela apps and features silahkan klik program seperti yang ada pada (gambar 1), setelah selesai buka installer yang anda unduh tadi jangan kaget kalau layar tiba-tiba muncul video itu ciri khas developer dan seperti biasa akan muncul menu instalasi seperti installer lainnya. (gambar 2)

(Gambar 2) Terdapat Button Bar Besar, Pastikan Anda Klik Terlebih Dahulu Untuk Aktifkan Developer Mode

 

Gambar 3: Opsi Developer Mode (klik untuk perbesar)

Anda bisa perhatikan terdapat tombol berbentuk persegi dengan tulisan (verify your windows development configuration) anda klik nantinya akan menuju menu update & security (gambar 3) pada opsi “Install apps from any source” anda buat “on” agar proses instalasi nantinya tidak muncul kendala.

Gambar 4: Anda bebas memilih software audio suite (klik untuk perbesar)

 

Pada jendela selanjutnya menampilkan list beberapa opsi audio suite yang anda bisa pilih diantaranya:

  1. Dolby Digital Live.
  2. Dolby Atmos.
  3. THX Studio Pro.
  4. Sound Blaster Cinema 5 Pro.
  5. Sound Blaster X (360 & 720).
  6. Nahimic.
  7. Sonic Studio 3.
  8. Sonic Studio 4.

Secara default installer akan menginstall hampir semua audio suite tentu saja digabungkan sekaligus hasilnya akan membuat hancur kualitas audio, jadi saya sarankan memilih salah satu pilihan saya  jatuh pada Sound Blaster Connect karena yang paling simpel pengoperasianya, setelah memilih akan ada proses instalasi dan sistem meminta untuk restart anda klik ok.

Mencoba Salah Satu Software Audio Suite

Gambar 5: Konfigurasi speaker (klik untuk perbesar)

Gambar 6: Konfigurasi speaker (klik untuk perbesar)

Karena keterbatasan ruang saya tidak bisa bahas semua software suite, saya membahas salah satu saja. Sound Blaster connect hadir dengan tiga bagian menu  yakni headphone, speakers dan sound experience pertama anda harus lakukan adalah menyesuaikan setting headphone (gambar 5) dan speaker (gambar 6) masing-masing menyesuaikan perangkat yang anda sering gunakan masing-masing opsi dilengkapi dengan virtualisasi audio dan profil masing-masing speaker/headphone yang bisa anda pilih.

Catatan: Khusus untuk konfigurasi virtualisasi headphone 7.1 admin menyarankan digunakan apabila anda memiliki headphone 7.1 (contoh dBE GM200) serta sedang menjalankan aplikasi atau game yang mendukung fitur 3D surround sound/7.1 channel contohnya CS: GO (aktifkan via setting), selain itu sebaiknya gunakan opsi normal saja karena akan tidak ada bedanya.

Gambar 7: Peningkatan kualitas audio

Selanjutnya adalah opsi peningkatan audio terdapat beberapa profil yang bisa anda pilih sesuai dengan kegiatan yang anda lakukan.

Tanya dan Jawab (Q&A):

Q: Kenapa software audio suite yang saya pilih tidak muncul, hanya ada Realtek audio console dan Realtek HDA driver test utility (gambar 8). 

A: Setelah mencoba share ke berbagai forum masalah ini muncul hanya ke beberapa pengguna,  solusinya yang saya sarankan adalah uninstall drivernya via “program and feature” (lihat contoh gambar 1, nama drivernya sekarang bernama AACF DCH Optimus Sound bukan Realtek Audio Sound lagi) setelah itu anda ikuti tutorial untuk “disable driver enforcement” yang ada pada website ini https://www.foldertips.com/android/cara-disable-driver-signature-windows/ 

Mohon maaf saya tidak masukan  ke artikel ini karena akan buat artikel jadi panjang. 

Q: File terdeteksi sebagai virus oleh antivirus. 

A: Matikan antivirus anda dan ulangi kembali downloadnya, tidak terdapat virus dalam installernya.

Q: Apakah bisa menggunakan dua software suite sekaligus? 

A: Tidak disarankan menggunakan lebih dari satu karena akan buat bentrokan berujung kualitas suara buruk.

Q: Nama perangkat audio berubah menjadi Analog SDK Output, apakah normal?

A: Normal pastinya hanya nama saja yang berubah, Realtek audio console tetap dihadirkan.

Q: Apakah ini legal? 

A: Tidak pastinya sama seperti driver mod lainnya, inilah kenapa saya di awal berikan penjelasan apabila motherboard atau laptop yang anda gunakan terdapat software audio suite sendiri sebaiknya tidak menginstall driver mod mengingat itu sudah menjadi “fitur” dari motherboard atau laptop yang anda gunakan, serta saya juga mengingatkan apabila anda memiliki uang lebih sebaiknya memakai cara resmi yakni membeli lisensi software audio suite di Windows Store atau website resminya masing-masing. 

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan ajukan lewat komentar dan jika ingin copas isi artikel harap sertakan sumber.

Terima kasih,salam.

Tags: Dolby Atmos Realtek Dolby Realtek Driver Mod realtek

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.