Tips Langkah-Langkah Persiapan Sebelum Membeli Komputer Rakitan Terbaru

Tips langkah-langkah persiapan saat sebelum membeli komputer PC rakitan terbaru

Apakah anda ingin membeli komputer terbaru ?? namun bingung untuk memilih komponen apa yang cocok. Kali ini saya akan berikan Tips langkah-langkah persiapan saat sebelum membeli komputer PC terbaru.PC_Specialist_Vanquish_HD-660

komputer adalah merupakan bagian dari hidup kita. PC atau di singkat dari personal computer adalah salah satu jenis komputer yang dipakai untuk rumahan. Memang laptop, tablet dan smartphone mulai mengkikis PC.

Namun kadang beberapa fungsi perkerjaan seperti Office dan web developer dan juga Editor/multimedia masih mengandalkan PC sebagai alat untuk perkerjaanya dikarenakan PC lebih nyaman untuk kegiatan tersebut. Secara garis besar, PC dibagi menjadi 2 yaitu PC Rakitan dan PC bermerk (OEM). Perbedaanya kalau PC rakitan adalah anda harus memilih komponenya sendiri dan merakitnya sendiri sedang yang bermerk anda tinggal membeli jadi yang sudah di rakitkan oleh perusahaan seperti acer, lenovo atau HP. Untuk contoh prodak PC Bermerk anda bisa lihat disini.

Sedang yang saya bahas adalah PC rakitan. PC rakitan memiliki kelebihan dimana kita bisa bebas menentukan komponen yang kita mau dan lebih murah. soal kualitas, PC rakitan per komponen di lindungi garansi. Jadi anda akan tetap mendapatkan layanan yang sama. bedanya anda harus me rencanakan seperti apakah  pc anda nanti. Tenang saya akan berikan tips dan langkah-langkahnya.  berikut saya berikan tips-tips serta langkahnya.

Pertama… Siapkan Budget dan rencana PC ini untuk Apa.

Seperti yang saya ucapkan diatas ini, sebelum membeli PC, sebaiknya  siapkan budget terlebih dahulu. Kenapa budget terlebih dahulu ??? karena budget yang akan menentukan seperti apa PC anda nantinya. Selain itu, anda harus menyiapkan rencana. Rencana yang dimaksud adalah untuk apa PC anda ini. kadang ada yang untuk Office kadang ada yang untuk gaming dsb. Berikut kurang lebih budget yang saya kelompokan berdasarkan kebutuhan.

– OFFICE : 3- 4 jutaan rupiah
– OFFICE multimedia  : 4-5 jutaan rupiah
– Gaming Casual dan Game Online : 3-4 jutaan rupiah
– Gaming kelas low-end : 4-5 jutaan rupiah
– Gaming kelas Mid-end : 5-7 jutaan rupiah
– Gaming kelas High-end : 7-10 jutaan rupiah
– Gaming kelas Antusias : 10 juta – tidak terhingga
– Multimedia & Grafis 3D  low-end : 6 jutaan rupiah
– Multimedia & Grafis 3D mid-end : 8-10 jutaan rupiah
– Multimedia & Grafis 3D high-end : 15 juta – tidak terhingga.

Berikut penjelasan masing-masing kategori tersebut.

– OFFICE

Segment kantoran, seperti kantor pegawai negeri atau swasta yang hanya berkutat dengan aplikasi kantor seperti microsoft office dan browser

– OFFICE multimedia

Hampir mirip dengan segment kantoran, namun dengan kebutuhan multimedia ringan seperti edit photo, edit presentasi dan edit video ringan kategori ini bisa di pakai untuk warnet.

– Gaming Casual dan Game Online

kategori untuk orang yang bermain game online mainstream yang ada di pasaran seperti point blank, Crossfire, Ayo dance, CABAL dsb kategori ini bisa dipakai untuk warnet game center.

– Gaming kelas low-end

kategori ini dipakai untuk pengguna yang menginginkan bermain segala macam jenis game. Namun dengan budget yang minim. PC hasil jadi dengan budget ini bisa dibilang bisa memainkan beberapa banyak game yang ada di pasaran, namun untuk beberapa game kelas berat hanya bisa dimainkan di settingan grafis low. Game bisa dimainkan dengan baik. namun dengan texture yang tidak sebaik settingan grafis mid-high end.

– Gaming kelas Mid-end

merupakan segment lanjutan dari kelas low-end. bedanya dengan kelas low-end adalah game yang berat dimaksud ini bisa dimainkan dengan baik dengan settingan grafis mid-high. Sehingga tampilan grafis yang ditampilkan lebih baik dari kelas low-end.

– Gaming kelas High-end

Gaming kelas atas. Biasanya hanya di isi oleh gamer yang sudah menjadikan hobi sebagai gamer. Kalau anda baru namun memiliki budget seperti ini. selain anda bisa memainkan segala game dengan nyaman dan grafis tinggi anda juga bisa memasang beberapa aksesoris kelas atas. Seperti watercooler yang membuat pc anda menjadi lebih baik.

Gaming kelas Antusias

 hampir sama dengan gaming kelas high-end. bedanya untuk kelas ini biasanya memakai komponen dengan kinerja terbaik, tampilan PC terbaik. Kelas ini beberapa di isi oleh sesepuh gamer yang memang cinta mati dengan PC gamer.

– Multimedia & Grafis 3D  low-end 

Tidak seperti segment lainya. Segment Multimedia dan Grafis 3D ini agak lebih mahal. Dikarenakan terfokuskan ke pada kinerja processor yang agak mahal dibanding komponen lainya. Untuk segment low-end dikhususkan untuk pengguna aplikasi grafis 3D ringan seperti 3Ds Max, Blender, skectup dsb. Serta edit video resolusi full HD. Bisa digunakan di studio rumahan atau di perusahaan yang bergerak di bidang multimedia semacam film.

– Multimedia & Grafis 3D mid-end 

kelas ini, di isi oleh para desainer biasanya di isi oleh beberapa mahasiswa desain. Vray engine adalah renderer yang sering dipakai untuk segment ini.

– Multimedia & Grafis 3D high-end 

segment ini biasa di isi oleh pengguna yang mendesain skala besar. Yang membutuhkan spesifikasi PC yang mumpuni untuk render skala besar dengan cepat dan efisien. Beberapa produsen automotif memakai PC jenis ini. beberapa produsen seperti nvidia, menyiapkan PC jenis ini yang dimana dinamakan Workstation. Salah satu jenis workstation dari nvidia adalah Iray vca (info bisa dibaca disini)

Harus Tahu Dulu Tentang Komponen PC

Secara garis besar, komponen PC dibagi menjadi 3. Yaitu komponen input, Process dan output.

superman_mouse_keyboard_1

Input : berupa Mouse dan Keyboard. Dimana Mouse digunakan untuk bernavigasi menu di PC anda.

pc tower cpu
Process : berupa sebuah komponen yang digunakan sebagai pusat process data. Bisa dibilang mesinya PC. Kadang orang indonesia menyebutnya sebagai kotak CPU kadang orang luar negeri menyebutnya sebagai RIG.

Monitor LCD
Output : berupa monitor, printer dan speaker sebagai penghasil dari apa yang kita kerjakan.

Untuk komponen Process dibagi menjadi beberapa komponen seperti :

processor amd fx

Processor : otak daripada komputer. Segala input yang diberikan oleh pengguna di olah oleh processor. Semua perkerjaan juga di oleh oleh processor

ECS mini itx Intel HSF

Motherboard : Motherboard adalah semacam “PCB” dari komponen PC. Di dalam motherboard inilah tempat bernaung processor yang dimana tempat terhubungya berbagai macam perangkat seperti hardisk, ODD dsb

Computex-2014-Corsair-Dominator-Platinum-and-Value-Select-DDR4-Memory-445331-4

RAM : RAM adalah sebutan untuk memory sementara dari processor. Sama seperti otak kita, processor juga butuh memory sementara untuk process data.

WD purple
Hardisk : merupakan tempat penyimpanan data tetap seperti musik, video, dokumen dsb.

odd dvd
ODD : merupakan singkatan dari optical drive. Merupakan tempat pemutar CD/DVD yang bisa dipakai untuk keperluan multimedia dan instal perangkat lunak.

Sapphire Radeon HD 5450 - frontside
Grapich card : merupakan komponen yang berguna sebagai membantu processor dalam pengolah grafis dan sekaligus penghasil gambar visual yang nantinya ditampilkan ke monitor.

psu
Powersupply : merupakan sebuah supply daya dari sebuah PC. Dimana Powersupply yang disingkat PSU ini berkerja sebagai mengubah daya Listrik DC dari PLN menjadi listrik AC kecil yang di support oleh  komponen.

dopamine-white-case-100247154-large

Case : merupakan casing dari PC yang anda pakai.
hsf cooler master

Heatsink Fan (Optional) : heatsink fan atau biasa disingkat HSF ini adalah pendingin dari processor. Biasanya vendor sudah memberikan HSF bawaan ke dalam processornya. Namun untuk kegiatan yang berat macam grafis atau game HSF pihak ketiga menjadi hal wajib.

Ketiga : Bertanyalah ke Forum Terkenal.

Setelah menargetkan budget, mengetahui sedikit komponen PC anda tidak disarankan langsung merancang komponen jadi. Anda harus di bimbing oleh seorang ahli yang bisa merakit PC rakitan menjadi jadi. Anda bisa pergi ke forum-forum terkenal. Anda bisa bertanya tentang Format kurang lebih seperti :

– Permisi Saya ingin rakit komputer dengan kebutuhan A namun dengan Budget B. Tolong buatkan Spesifikasi komputernya. Terima kasih.

– Misi gan, gw ingin rakit komputer nih. Kebutuhanya buat INI, tapi dengan budget yang segini. Tolong bikinin spesifikasinya ya terima kasih.

Pilih yang mana saja, sama-sama bagus. Nanti biasanya para anggota forum memberikan spesifikasi yang kurang lebih seperti ini :

10456815_1456653171248171_5550174350609267594_n
Untuk forum anda bisa mengunjungi forum KSK di KASKUS (anda bisa klik disini) Forum komputer dan internet di yahoo answer (anda bisa klik disini) atau anda bisa bertanya di Fan page dari situs saya Di
https://www.facebook.com/Sutamatamasu.official?fref=nf

Dengan mengklik Like terlebih dahulu.

Ke Empat : Bawa ke Toko Komputer Terdekat.

Setelah para anggota di forum memberikan spesifikasi terbaik, anda bisa  memilih salah satu dari komentar yang menurut anda terbaik. Setelah itu anda catat semua spesifikasi lengkap macam yang ada gambar diatas tanpa di sertai dengan harga di secarik kertas. Setelah itu bawa ke toko komputer terdekat. berikut toko recomended pilihan saya pribadi :

– Enterkomputer : Mangga Dua Mall Lt.5 Blok C No. 101-106 Jakarta Pusat 10730
– Quantum : Mangga Dua Mall Lt.5 Blok D No. 26 Jakarta Pusat 10730

Anda bisa deal dahulu dengan toko. Kalau harga kurang lebih sama dengan yang ada di forum (beda paling besar min 10-100 ribuan) maka anda bisa deal. Nanti sama yang punya toko di rakitkan Dan anda akan di instalkan sebuah operasi sistem. Operasi sistem atau OS ini adalah semacam ROH untuk PC anda. yang berisikan berbagai perangkat lunak. Tanpa adanya OS ini, PC anda hanyalah pepesan kosong OS yang terkenal adalah windows 7. Untuk hal ini, rata-rata memberikan gratis satu paket dengan pc rakitan (dengan memakai versi bajakan) atau memakai versi aslinya dengan harga 1 jutaan rupiah. antara bajakan dan tidak terserah anda.

PC anda siap untuk dipakai dan dibawa pulang. Insya Allah kalau anda memakai cara saya diatas. Anda bisa membeli PC yang terbaik. Tanpa di tipu oleh oknum yang mengaku penjual komputer. Soalnya banyak orang tertipu karena adanya oknum-oknum tersebut membuat toko yang jujur menjadi kalah saing. Dimana mereka diberikan spek yang berisikan komponen asal, dengan harga yang tinggi. Al hasil tidak tahan lama dan tidak sesuai dengan kegiatan yang mereka lakukan. Saya tidak mau hal itu terjadi. Maka saya buat ini, dengan harapan bisa membuat pembeli tidak tertipu dan membuat toko menjadi lebih bersaing secara sehat.

Tulisan ini dibuat oleh pribadi saya sendiri. harap apabila ada yang mengutip untuk sertakan sumber postingan ini. terima kasih

Tags: cara milih komputer cara pilih komponen PC komputer terbaru komputter rakitan tips biar tidak ketipu saat beli komputer pc

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Adrya Rama2 years agoReply

    Thanks atas infonya gan. Hampir sama dengan yang saya pahami dan saya tulis di
    http://www.ramaramu.com/tips-memilih-laptop/

    Salam kenal ya

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.