Tutorial Cara memasang HSF pendingin processor pada motherboard AMD + cara menggunakan thermal paste

Jakarta : 22 september 2014

Selamat datang di situs sutamatamasu.com kali ini, mimin akan berikan tutorial Cara memasang processor pada motherboard  + cara menggunakan thermal paste dengan benar.

cara menggunakan thermal paste 9

Processor adalah bagian terpenting dalam sebuah PC. Dimana sebagai layaknya otak dari komputer. Processor ini berkerja sangat keras mengolah intruksi yang di bebankan kepada dirinya. Karena mengolah intruksi yang sangat berat tersebut, processor di dinginkan oleh sebuah pendingin khusus yang bernama Heatsink FAN processor. Seperti yang ada di gambar di bawah ini.

Heatsink fan seperti yang anda lihat terdiri dari heatsink yang berupa lempengan alumunium yang berbentuk sirip-sirip untuk mentransfer panas dari processor yang panas tersebut, akan di dinginkan dengan fan/kipas. Dimana antara heatsink dan processor terdapat celah yang sangat sempit. Celah tersebut digunakan sebagai tempat dari thermal paste. Thermal paste adalah cairan yang bertujuan sebagai penghubung antara HSF dan processor. Tujuanya agar transfer panas dari processor ke HSF lebih cepat lagi, al hasil processor menjadi lebih dingin suhunya dibanding tanpa thermal paste.

Nah kali ini saya akan memberikan tutorial untuk bagaimana cara memasang HSF pada motherboard AMD. Sementara untuk platfrom AMD terlebih dahulu. Untuk intel akan menyusul kelak insya Allah. Platfrom yang dimaksud tidak dibebankan ke APU saja. Seluruh processor AMD memakai cara yang kurang lebih sama.  Berikut platfrom pengujian :

– Processor AMD a10 6800K Socket FM2

amd a10 6800k
– ECS a58 Socket FM2/FM2+

– HSF deepcool gamaxx mini
– Thermal paste Deepcool z3

Tentang HSF dan thermal paste

Untuk HSF, mungkin dari anda ada yang bertanya. Kenapa saya langsung memberikan tutorial langsung memakai HSF pihak ketiga kenapa tidak pakai bawaan saja ??  dikarenakan alasanya adalah TDP 100w yang ada di processor amd a10 mewajibkan hal tersebut.


Saya sangat menyarankan untuk processor khususnya AMD untuk langsung memakai HSF pihak ketiga. Alasanya pertama demi suhu yang lebih dingin dibanding HSF bawaan. Kedua dikarenakan sudah banyak HSF murah yang bisa dibeli dengan harga 100 ribuan saja. Untuk info silahkan klik di link bawah untuk lengkapnya.

https://www.sutamatamasu.com/cara-memilih-hsfpendingin-processor-yang-tepat-bagi-pc-destkop/

Klik link dibawah untuk harga HSF yang beredar.

http://www.enterkomputer.com/cooler.php

Untuk thermal paste. Saya memakai deepcool z3 dengan alasan thermal paste ini harganya cukup terjangkau (50 ribuan) dengan kualitas cukup baik. Secara teori bisa tahan sampai 2-3 tahun tanpa harus mengganti thermal paste. Disarankan anda jangan membeli thermal paste yang abal-abal (sekitar 10 ribuan) atau memakai thermal paste khusus IC elektronik.

cara menggunakan thermal paste 1

Karena menurut saya berbeda. Karena processor butuh daya lebih besar dibanding IC elektronik. Jadi butuh thermal paste khusus. Harga dari thermal paste yang saya maksud berkisar 50-100 ribuan. Berbentuk suntik dan Bisa 3x pakai. Klik disini untuk melihat harga.
http://www.enterkomputer.com/thermalpasta.php

Klik page kedua untuk ke bagian inti, yaitu ke bagian praktek pemasangan.

Tags: cara memasang hsf dengan benar cara memasang hsf di motherboard amd Cara memasang pendingin processor dengan benar cara mengoles thermal paste dengan benar Deepcool z3 tips memilih thermal paste

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Ridwan Yusuf2 years agoReply

    Mau Nanya Min, saya punya heatsink model tower yang kaya di gambar tersebut
    Klo di liat dari gambar produk nya bisa di pasang kipas processor nya kanan kiri.
    Nah yang sayang bingung klo kipas nya dua kemana harus sambungin kabel power nya, kan colokan 3 pin nya cuma 1 di motherboard nya ?
    Terima kasih

    • author

      Sutama Tamasu (Author)2 years agoReply

      Halo, motherboard biasa sudah dikasih konektor fan tambahan buat fan casing, bisa dipakai untuk itu.

  2. author

    psatoner2 years agoReply

    seperti hal sepele memberi pasta ini, tapi jika lupa sampai kering pasta di Processor dibiarin lama bisa kadang2 mati sendiri komputer nya,, ,pengalaman pribadi

    • author

      Sutama Tamasu (Author)2 years agoReply

      benar, harus penting usahakan pakai yang bagus (gak usah mahal deepcool z5 cukup) dan ganti min setahun sekali.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.