Cara Pasang Pendingin Processor AMD (HSF) dan Thermal Paste

Sekarang kita lanjut kebagian inti

pertama cabut steker listrik dari PSU. Setelah itu, anggap saja keadaan processor anda sudah terpasang ke motherboard untuk tutorial pemasangan processor anda bisa lihat di buku manual processor anda.

cara menggunakan thermal paste 2

Setelah itu anda suntikan thermal paste anda ke processor tersebut. Disarankan memakai pola seperti ini

cara menggunakan thermal paste 3

setelah memakai pola seperti itu, anda bisa menggunakan kartu remi atau kartu bekas perdana selular untuk meratakan suntikan thermal paste tersebut. Untuk deepcool z3 yang saya pakai, kebetulan sudah menyertakan sebuah kartu khusus. Untuk hal tersebut.

cara menggunakan thermal paste 7

Setelah jadi rata, anda disarankan menambahkan thermal pasta lagi secukupnya di tengah processor anda. Kurang lebih hasilnya seperti ini.

cara menggunakan thermal paste 4

Alasanya adalah saat dibuka chip microprocessor yang sebagai inti dari processor tersebut berada di tengah. Jadi harus mendapatkan perlakukan khusus karena disinilah pusat panas berasal. Seperti inilah saat processor ‘di bedah’ kotak hitam ditengahnya tersebut adalah inti microprocessor dari processor yang ada pakai. 

 

Dari kiri ke kanan : Llano (A8-3850), Trinity (A8-5600K), Richland (A10-6700), Kaveri (A10-7700K)

Setelah di oleskan thermal paste. Kita memasang HSF. Posisi memasang HSF yang benar adalah seperti di bawah ini. Dimana posisi kipas menghadap ke pada Slot RAM. Alasanya adalah karena nanti sirkulasi dari kipas akan meniup heatsink dimana menghasilkan udara panas yang akan di keluarkan oleh fan casing. Jangan sampai terbalik. Karena kalau terbalik, maka udara panas akan mengarah ke depan casing dan membuat system menjadi panas.

cara menggunakan thermal paste 5

Setelah itu, anda pasangkan pengait dari HSF di bagian kiri anda. Setelah selesai anda pasangkan kunci pengait yang ada di bagian kanan dari socket. Harap hati-hati dalam pemasangan ini.

cara menggunakan thermal paste 6

Setelah itu anda bisa pasangkan konektor power 3 pin ke dalam socket 3 pin yang di sediakan. Biasanya terletak di bagian atas dari socket processor entah kanan atau kiri dengan tulisan CPU FAN/CPU power FAN.

DSC_0301

 

Selesai. Sekarang HSF sudah siap pakai anda bisa melakukan ke tahap selanjutnya.

Tanya dan jawab (Q&A) :

Q : min itu untuk tutorial terbaru, bagaimana untuk penggantian thermal paste lama ke yang baru ??

A : Mohon maaf karena keterbatasan rig mimin belum menyiapkan. Untuk penggantian thermal paste, processnya sama. Bedanya anda harus membersihkan thermal paste lama anda saja. Untuk pembersihan anda bisa menggunakan lap kasar anda bersihkan langsung di socket (yang dalam keadaan terkunci) namun apabila agak keras anda bisa mengelap dengan memakai kuku atau sendok di atas processor tersebut secara perlahan. Biasanya akan hilang.  

Itu saja yang bisa mimin sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bisa membantu anda. Disarankan mengganti thermal paste min 1 tahun sekali untuk pemakaian 6 jam sehari atau lebih. Atau 3 tahun sekali untuk pemakaian jarang.

Source images : akiabarapcwacth

Tags: cara memasang hsf dengan benar cara memasang hsf di motherboard amd Cara memasang pendingin processor dengan benar cara mengoles thermal paste dengan benar Deepcool z3 tips memilih thermal paste

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Ridwan Yusuf3 years agoReply

    Mau Nanya Min, saya punya heatsink model tower yang kaya di gambar tersebut
    Klo di liat dari gambar produk nya bisa di pasang kipas processor nya kanan kiri.
    Nah yang sayang bingung klo kipas nya dua kemana harus sambungin kabel power nya, kan colokan 3 pin nya cuma 1 di motherboard nya ?
    Terima kasih

    • author

      Sutama Tamasu (Author)3 years agoReply

      Halo, motherboard biasa sudah dikasih konektor fan tambahan buat fan casing, bisa dipakai untuk itu.

  2. author

    psatoner3 years agoReply

    seperti hal sepele memberi pasta ini, tapi jika lupa sampai kering pasta di Processor dibiarin lama bisa kadang2 mati sendiri komputer nya,, ,pengalaman pribadi

    • author

      Sutama Tamasu (Author)3 years agoReply

      benar, harus penting usahakan pakai yang bagus (gak usah mahal deepcool z5 cukup) dan ganti min setahun sekali.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.