Update Kernel Linux di Ubuntu dengan Mudah Menggunakan GUI di Ukuu Kernel Update Utility

Kali ini admin akan share tentang Update Kernel Linux di Ubuntu dengan Mudah Menggunakan GUI di Ukuu Kernel Update Utility

Jakarta 2 Februari 2017

Ubuntu adalah salah satu operasi sistem yang terkenal di dunia, Ubuntu merupakan bagian daripada operasi sistem yang bernama GNU/Linux. disebut seperti ini dikarenakan OS ini terdiri ada 2 bagian utama, yakni Kernel yang berbasis Linux yang mengatur segala hal yang menyangkut tentang hubungan antara operasi sistem dengan hardware, serta GNU yang merupakan Operasi Sistem itu sendiri yang berisikan ratusan aplikasi yang membentuk satu kesatuan menjadi OS yang kita liat sekarang ini. keduanya bersatu menjadi OS yang utuh yang Ubuntu adalah salah satunya. 

UPDATE Kernel Lebih Mudah dengan GUI

 

Sesuai yang saya sebutkan diatas, Linux adalah kernel yang mengatur hubungan OS dengan hardware,  berbeda prinsip dengan Windows yang apabila ada problem dengan hardware tertentu atau update driver tertentu harus didapatkan lewat Windows Update yang kadang menyulitkan, di GNU/Linux anda cukup update Kernel saja, anda sudah dapatkan beragam keuntungan diantaranya :

  • OS anda sudah terlindungi dari bahaya keamanan maccam Spectre/Meltdown yang terkenal akhir ini.
  • driver seperti kartu grafis, ethernet atau sound card sudah terupdate ke versi terbaru (karena driver sudah include di dalam kernel).
  • mendapatkan beberapa peningkatan performa dan dalam beberapa update peningkatan daya tahan batterai.

Namun, untuk update kernel menyulitkan pengguna saya akan berikan tutorial menggunakan aplikasi Ubuntu Kernel Update Utility.

Step 1 : Download aplikasi

Anda bisa menggunakan command diatas untuk Ubuntu. untuk versi ubuntu lawas (12.04 keatas) serta Distro lain non Ubuntu seperti Debian atau FEDORA anda bisa unduh file RPM nya pada link berikut :

http://www.teejeetech.in/p/ukuu-kernel-upgrade-utility.html

Step 2 : Update Kernelnya

Terlihat posisi kernel yang runing dan beberapa list kernel yang bisa diunduh.

Admin sendiri sedang mencoba untuk install kernel terbaru yakni 4.15 bisa kita klik Install yang ada di tombol samping.

Perintah memasukan Password

Setelah itu, sama seperti aplikasi lainya, app ini juga membutuhkan akses Root jadi harus masukan passwordnya.

Setelah itu, anda tunggu proses unduh dan install dari kernel terbaru yang dipilih tadi.

 

Setelah selesai, terdapat perinta reboot dan close aplikasi.

Intruksi saat tiba-tiba gagal.

Pembuat aplikasi tahu, segalanya pasti gak selalu berjalan mulus, jadi pembuat aplikasi beritahukan langkah-langkah andai terjadi error saat anda mengclose aplikasi.

Step 3 : Selesai, Cek & Ricek Kembali

Anda bisa cek & ricek kembali apa sudah terinstall dengan benar, baik. admin diatas menandakan sudah terinstall dengan baik.

 

Aplikasi ini juga akan berikan notifikasi saat ada update kernel terbaru, update kernel seperti yang anda bisa lihat terdapat 2 jenis ada yang Major Relese (release besar) contoh 4.15 dirilis setahun sekali atau Point Release (update kecil) yang dirilis per beberapa bulan sekali, kamu bisa pilih untuk matikan notifikasi Point Release, andai keadaan koneksi kamu kurang baik.

Sekian dari admin, admin sarankan untuk terus update kernel agar OS Linux/GNU anda hadikan performa terbaik dan aman.

Tags: Update Kernel Linux Update Kernel Linux ubuntu Update Kernel Ubuntu

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.