Ternyata Inilah Rahasia Kenapa HP Nokia Awet Tahan Banting

6. Test keypad

nokia test 7
Setiap ponsel nokia yang memiliki tombol fisik/keypad di test menggunakan jari-jari robotik yang biasanya di test dengan ribuan sentuhan. Untuk memastikan agar setiap keypad yang ada bisa bertahan dengan baik saat pengguna dipakai untuk mengetik dengan cepat tanpa ada delay atau typo.

7. Test penindih

nokia test 8
Untuk test ini di simulasikan saat  keadaan handphone pengguna berada di dalam keadaan tekanan. Misal saat di dalam tas terindih barang berat lainya.  Nokia mentestnya  dengan menggunakan mesin khusus terlihat kualitas casing dan fisik ponsel nokia terlihat saat mesin mencoba menindihnya ponsel nokia tidak patah atau retak sedikitpun.

nokia test 9

8. Test simulasi kantung baju/celana
nokia test 10

Ponsel nokia di test dengan simulasi pakaian. Yang memungkinkan ponsel nokia ini tidak tercopot bagianya ataupun rusak saat berada di kantong pengguna terutama pengguna yang aktif semisal penjelajah.

Dengan melihat test  diatas, tidaklah heran kalau sebutan “ponsel awet” atau “ponsel tahan banting” nokia ini di sebutkan oleh masyarakat umum. Walaupun tidak menggandeng sertifikat IP67, namun ponsel nokia sudah di disain untuk kegiatan harian. Sayang sekali handphone yang dites adalah Feature phone tidak lumia. Mungkin karena beda tempat. Mengingat untuk lumia memakai pabrik di China dan memakai R&D di amerika. Sedangkan non lumia macam Asha, X dan juga ponsel biasa di buat di pabrik nokia di china dan memakai R&D di india pula. Mungkin untuk memangkas ongkos pemberitaan. Ditambah pengguna smartphone rata-rata mengutamakan fitur  dibanding daya tahan.

Note : walau sudah mengalami test yang ketat, saya harapkan anda tetap menjaga ponsel anda sebaik-baiknya. Karena ponsel ini adalah pemberian ilahi yang harus dijaga dan walaupun seawet-awetnya sebuah perangkat. akan rusak juga apabila pengguna lalai.

Sekian Semoga bermanfaat 

Tags: Ponsel nokia awet Ponsel nokia tahan banting Test banting ponsel

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.